Rabu, 14 September 2011

ASAM MANIS KERSOS KESWAN FKH 2011


Nyuntik sekali dapat salak, Nyuntik dua kali  dapat duren, Nyuntik tiga kali dapat buah coklat dan semoga nyuntik yang keempat kali dapat mantu”

            Itulah seklumit kisah yang dialami oleh panitia dan peserta Kersos Keswan yang diadakan BEM FKH Unud. Kegiatan wajib yang untuk tahun ini diadakan  di Desa Petang, Kecamatan Petang Kabupaten Badung ini bertujuan memberikan pelayanan kesehatan hewan gratis kepada masyarakat peternak. 
Kegiatan ini diketuai oleh I Putu Gede Hendra Pradipta, mahasiswa FKH angkatan 2008. Beranggotakan  91 peseta (dari mahasiswa 2008) yang dibantu oleh 50 panita pelaksana (dari mahasiswa 2009 dan 2010) membuat kegiatan ini semakin semarak. Selain itu juga kegiatan ini didukung dan didampingi oleh beberapa senior dari angkatan sebelumnya serta 5 orang dosen pembimbing. Kelima dosen tersebut diantaranya drh. I Wayan Sudira, M.Si, Dr. drh. I Nyoman Suartha, M.Si, drh. I Ketut Budiasa, MP, drh. I Wayan Bebas, M.Kes, dan drh. I Wayan Wirata.
Kegiatan kerja sosial kesehatan hewan ini dilaksanakan selama 4 hari (dari tanggal 25-28 Juli 2011) dengan tema “Menjadi Profesional Muda di Masyarakat Dengan Semangat  dan Kecintaan Profesi Dokter Hewan“. Adapun kegiatan- kegiatan yang dilakukan dalam Kersos Keswan ini diantaranya pelayanan kesehatan hewan yang meliputi pemberian vitamin, obat cacing, spraying pada ternak (khusus sapi), dan pelaksanaan penyuluhan mengenai manajemen pemeliharaan babi.
Sebelum Kersos Keswan diadakan, pembekalan materi yang dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2011 bertempat di ruang kuliah lantai IV. Pembekalan ini dibuka langsung oleh Dekan fakultas kedokteran hewan, Prof. Dr. Drh I Made Damriyasa, MS. Materi yang diberikan pada saat pembekalan ini terkait dengan situasi dan potensi ternak di desa petang, teknik restrain atau handling pada ternak besar seperti sapi dan babi, serta aplikasi obat di lapangan.  Pemateri pada pembekalan ini diantaranya bapak Nyoman Widia (Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kab. Badung), ibu Drh. Ari ( perwakilan UPT Dinas Peternakan, Perikanan, dan Kelautan Kab. Badung Cab. Petang ), drh. I Wayan Sudira, M.Si , dan Dr. drh I Wayan Batan, MS.
Pada tanggal 25 juli 2011 , kegiatan kersos keswan dimulai. Para peserta berangkat menuju lokasi kegiatan dengan menggunakan bis unud. Lama perjalanan menuju Desa Petang kurang lebih 1 jam  dari Denpasar. Setelah tiba di lokasi peserta melakukan upacara pembukaan. Setelah upacara pembukaan peserta dibagi ke dalam 3 kelompok yang masing-masing  kelompok  menempati 1 pos . pos-pos tersebut terletak di Br. Petang Kelod, Br. Kerta, dan SD No 3 Petang di  Br. Lipah. Sore harinya diadakan penjajakan atau sosialisasi pemberitahuan akan diadakanya kegiatan pelayanan kesehatan hewan keesokan harinya.
Selasa, 26 juli 2011 para peserta sudah siap tempur untuk melakukan pelayanan kesehatan hewan. Para peserta secara door to door menuju rumah warga. Selain ke rumah warga, peserta juga melakukan  pelayanan ke kebun-kebun warga. Perjalanan jauh menyusuri sawah, sungai, bukit dan lembah dilakukan demi suksesnya pelaksanaan kersos keswan. Malam harinya dilakukan penyuluhan mengenai manajemen babi yang dibawakan oleh Drh. I Wayan Sudira M.Si bertempat di Wantilan Kantor Camat Petang,
Keesokan harinya pelayanan kesehatan hewan dilanjutkan di tempat-tempat yang belum dijangkau pada kemarin harinya. kegiatan ini juga dilakukan di desa sebelah yaitu Desa Sulangai. Setelah mendapat ijin dari Perbekel setempat dan diantar oleh kelian banjar peserta melakukan kegiatan pelayanan kesehatan hewan hingga sore hari. Malam nya diadakan malam keakraban  sekaligus penutupan kegiatan. Pada acara ini dihadiri oleh Bapak PD III FKH Unud, Bapak Sekcam. Perwaskilan dari Koramil, Perwakilan dari Polsek, bapak bendesa adat petang, dan perwakilan dari UPT DINAS PPK. Acara ini diawali dengan laporan ketua panitia, diteruskan dengan sambutan-sambutan.  Kemudian ditampilkan tari cendrawasih oleh panitia yang dilanjutkan pemutaran film documenter mengenai kegiatan kersos keswan. Acara terakhir ditampilkan berbagai atraksi dari masing-masing pos. pos 1 menampilkan SM!SH yaitu SM*SH versi Mahasiswa FKH, Pos 2 dengan kolaborasi lagu-lagu daerah di Indonesia, dan Pos 3 dengan nyanyian acousticnya. Untuk lebih mengakrabkan peserta malam harinya diadakan sesi foto bersama.
Tepat pada hari kamis tanggal 28 Juli 2011 Pkl. 11.00 WITA, peserta pergi meninggalkan tempat kegiatan dengan perasaan gembira.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar